Khasiat Lain Dari Pengobatan Traditional Kerokan

Ilustrasi : Bekas Kerokan (Foto : Instagram/tukang.kerokan)

Penulis : Admin

15 Nov 2021

Ternyata pengobatan traditional kerokan memiliki khasiat lain.

Marker-creative.net I Kerokan atau kerikan, sebutan itu sudah tidak asing ditelinga orang Indonesia. Salah satu metode pengobatan tradisional di Indonesia dengan menggunakan koin dan minyak. Kerokan biasanya dilakukan saat seseorang merasa tidak enak badan. Sampai saat ini Kerokan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, Meski dunia medis sudah canggih, tetapi kebiasaan kerokan ternyat masih diminati dan dinikmati oleh beberapa masyakarat Indonesia saat ini, mulai dari kalangan orang dewasa bahkan anak-anak dalam mengusir masuk angin.

Akan tetapi Kerokan juga tidak bisa dipandang sebelah mata tentang khasiatnya, karena selain mengusir masuk angina, kerokan memiliki beberapa manfaat lainnya untuk kesehatan. Melansir dari berbagai sumber, manfaat lain yang bisa didapat dari kerokan.

1. Meredakan Migrain.
Melansir Healthline, sebuah penelitian melaporkan seorang wanita berusai 72 tahun yang memiliki sakit kepala melakukan pengobatan kerokan selama 14 hari. Seiring berjalannya waktu, kondisinya semakin membaik. Dalam penelitian tersebut, ditujukan bahwa Teknik pengobatan ini memungkinkan menjadi pengobatan yang efektif untuk sakit kepala sebelah atau migrain.

2. Nyeri Leher.
Kerokan juga dapat mengatasi nyari leher. Dikutip dari Healthline, sebuah percobaan dilakukan oleh dua kelompok untuk menentukan efektivitas sebuah terapi. Sebanyak 49 orang dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok diberikan metode kerokan, sementara kelompok lainnya menggunakan bantalan pemanas untuk mengobati sakit leher. Setelah dilakukan selama satu minggu, kelompok yang melakukan kerokan melaporkan sedikit merasakan sakit dileher dibanding dengan kelompok yang lainnya.

3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak.
Kerokanan yang dilakukan dikulit dapat menghasilkan panas, ditambah dengan minyak gosok. Usai kerokan, kebanyakan orang akan merasa lega dan mengantuk, dan setelah melakukan tidur beberapa jam tubuh akan kembali segar.

4. Meredakan Gejala Flu.
Kerokan merupakan terapi dermabrasi untuk mengobati gejala flu seperti, mual, kehilangan nafsu makan, pusing, bahkan pingsan. Hal tersebut terjadi karena disebabkan oleh inveksi virus. Panas yang dihasilkan dari kerokan dapat membantu tubuh merasa hangat dan berdampak terhadap meredanya gejela flu.

Meski pengobatan kerokan masih mengundang pro dan kontra dikalangan masyarakat, namun sebagian orang melakukan kerokan sebelum memutuskan ke dokter. Dimusim penghujan seperti sekarang, kamu bisa coba jika kamu belum pernah melakukannya, Selamat mencoba.

(Marker-crative.net/admin)